Bertanya Sang Tolol Pada Alam Semesta


jika ribuan bulan dan bintang bisa berkata;
tanyalah siapa orang2 terbodoh di dunia;
maka mereka akan menjawab engkau kawan;
jika ribuan mata lesu berbisik;
tanyalah siapa yang terbusuk di tanah ini;
engkau kawan;
masih sombongkah anda sebagai manusia;
berteriak2 lantang di ujung jalan raya;
ber lari2 diatas air2 comberan;
aku berkerudung aku bersorban;
aku pintar kalian bodoh;
aku tertawa aku sinis aku diatas angan2
aku berpangkat aku pejabat;
kalian bawahan di bawah kaki kakiku;
niscaya sampah adalah kuburan mu kawan;

tanyalah pada ribuan bulan dan bintang;
siapa orang orang terbodoh di tanah ini;
tanyalah pada desiran angin yang bergurau diantara lembah2 dan menyibak bendera di ujung tiang;
siapa munafik dan siapa pengecut;
maka air mata akan berlarian dikelopak matamu kawan;
kerudungmu sorbanmu hanya simbol di tengah hirukpikuk dunia;
pangkat mu dan jabatanmu hanya pemberian allah yang mahakuasa;
bajumu adalah deretan uang rakyat yang percaya pada sang garuda;
dan darah mu adalah ribuan pengharapan wajah2 lugu dunia ini;
bertanyalah pada alam semesta agar engkau menundukkan kepalamu dan berkata;
jiwa raga ini hanya untukmu negri;

0 Response to "Bertanya Sang Tolol Pada Alam Semesta"

Post a Comment